• SMA NEGERI 1 KABANJAHE
  • Mela Mulih Adi La Rulih

Tata Tertib

TATA TERTIB SMA NEGERI 1 KABANJAHE

  1. Siswa harus hadir ke sekolah 15 menit sebelum pelajaran berlangsung (07.30 WIB)
  2. Siswa wajib mengikuti Upacara Sekolah dengan tertib sesuai dengan aturan upacara bendera dan memakai seragam lengkap seperti :
    1. Baju lengan pendek sebatas siku / lengkap pakai topi SMA
    2. Panjang baju harus dibawah pinggul serta baju harus dimasukkan ke dalam Rok / Celana panjang dan memakai ikat pinggang berwarna hitam polos
    3. Baju dalam / singlet harus berwarna putih polos.
    4. Rok / Celana panjang
    5. Panjang Rok harus 5 cm dibawah lutut dan biku rok hanya satu berada ditengah (Depan) dan rok harus berada dipinggang
    6. Celana tidak bisa Kuncup / Ketat dan Komprang dan celana tidak boleh dipinggul tetapi tetap dipinggang
    7. Kantong celana hanya bisa disamping atas dan dibelakang
    8. Kaos kaki harus berwarna putih polos.
  3. Siswa memakai pakaian seragam Sekolah dengan rapi dan bersih sesuai dengan peraturan yang berlaku :
    1. Senin s/d Kamis baju putih lengkap atribut, Celana / Rok abu – abu.
    2. Jumat s/d Sabtu baju Batik, Celana / Rok abu – abu.
    3. Sepatu harus hitam polos, kaos kaki putih polos, tali sepatu harus hitam.
  4. Siswa dilarang memakai Perhiasan / Aksesoris sejenis apapun.
  5. Siswa dilarang membawa senjata tajam.
  6. Bagi siswa laki – laki tidak dibenarkan berambut gondrong (Batas rambut 2 sisir) dan tidak boleh mencat rambut berwarna–warni.
  7. Siswa tidak dibenarkan merokok / sejenis NARKOBA di lingkungan sekolah.
  8. Siswa dilarang membawa / melakukan sejenis judi dilingkungan sekolah.
  9. Siswa dilarang membawa HP, Laptop dan barang Elektronik lainnya ke sekolah kecuali ada izin dari guru mata pelajaran.
  10. Siswa dilarang memakai jaket warna – warni ke sekolah. Apabila cuaca dingin / sakit hanya dibolehkan memakai jaket warna putih polos.
  11. Siswa dilarang berada dikantin selama jam pelajaran berlangsung. Bila kedapatan berada di kantin maka harus menunjukkan surat tanda persetujuan dari guru bidang studi / Guru BK.
  12. Bila tidak masuk sekolah harus ada pemberitahuan dari orang tua secara tulisan dan harus diantar langsung kesekolah oleh orang tua siswa dan apabila sakit harus disertakan dengan surat keterangan dokter.
  13. Siswa yang meninggalkan sekolah pada jam belajar berlangsung hanya diizikan bagi siswa yang sakit dan harus mendapat surat ijin dari guru BK.
  14. Siswa wajib / ketua kelas wajib melaporkan keadaan kelas ke wali kelas setiap hari dan harus ditanda tangani wali kelas.
    1. Menyapu kelas setiap hari
    2. Mengepel kelas pada hari terakhir sekolah
    3. Memelihara taman depan kelas dan belakang kelas
  15. Siswa tidak diperbolehkan memakai / membawa kendaraan beroda empat dan beroda dua ke sekolah
  16. Siswa yang kecelakaan / melanggar peraturan lalu lintas mengederai beroda dua dan beroda empat tidak menjadi tanggung jawab sekolah
  17. Siswa tidak diperbolehkan melanggar norma – norma agama / adat istiadat yang berlaku di Kab. Karo
  18. Pembayaran uang komite sesuai dengan peraturan sekolah.
  19. Pembayaran uang OSIS paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.
  20. Siswa dilarang berkumis dan berjambang.
  21. Segala urusan yang menyangkut siswa harus orangtua kandung yang bertanggung jawab (pihak sekolah hanya melayani orangtua kandung) kecuali bagi siswa yang tidak mempunyai orangtua kandung lagi (meninggal dunia) maka yang dilayani hanya wali yang sah secara hukum.

SANKSI DARI PELANGGARAN TATA TERTIB DI ATAS

  1. Apabila siswa terlambat datang ke sekolah sebanyak 2 – 3x maka pihak sekolah memanggil orang tua dan membuat surat perjanjian.
  2. Bila siswa tidak bisa mengikuti tata upacara bendera sesuai dengan NKRI maka siswa tersebut tidak diperkenankan menjadi siswa SMA Negeri 1 Kabanjahe (dikeluarkan).
  3. Bila siswa tidak mengikuti upacara sesuai dengan aturan upacara bendera dengan tertib maka siswa diberikan teguran I, II, III, dan setiap teguran dibuat perjanjian dan ditandatangani orang tua.
  4. Bila siswa tidak memakai seragam dan atribut lengkap maka pihak sekolah memberi teguran lisan dan tulisan/perjanjian.
  5. Bila siswa tidak memakai sepatu hitam polos, kaos kaki putih polos serta ikat pinggang hitam polos maka pihak sekolah berhak menyita dan tidak dikembalikan lagi.
  6. Bila kedapatan membawa/memakai aksesoris, jaket berwarna – warni,  kaos dalam (singlet), pihak sekolah berhak menyita dan tidak dikembalikan lagi.
  7. Siswa yang berambut gondrong dan mencat rambut berwarna-warni dipulangkan dari sekolah dan sebelum rambut dipangkas dan sesuai dengan peraturan maka siswa tersebut tidak diperbolehkan mengikuti pelajaran dan dianggap absen (alpa).
  8. Apabila siswa kedapatan merokok, main judi, membawa senjata tajam maka pihak sekolah berhak mengeluarkan dari SMA Negeri 1 Kabanjahe.
  9. Bila kedapatan membawa HP, Laptop dan barang Elektronik lainnya pihak sekolah berhak menyita dan tidak dikembalikan lagi.
  10. Guru yang memberi izin membawa HP, Laptop dan barang Elektronika lainnya harus bertanggung jawab terhadap kegunaannya dan dilaporkan ke BK.
  11. Apabila siswa tidak hadir tanpa keterangan (Alpa) 2 – 3x maka pihak sekolah berhak memanggil orang tua dan membuat surat perjanjian.
  12. Apabila siswa tidak hadir (Alpa) sebanyak 8x dalam satu semester maka pihak sekolah berhak  mengeluarkan siswa tersebut dari SMA Negeri 1 Kabanjahe.
  13. Siswa yang kedapatan cabut / tidak masuk sekolah (terjaring rajia) sewaktu jam pelajaran berlangsung akan dikeluarkan dari SMA Negeri 1 Kabanjahe.
  14. Bila terbukti melangar norma – norma agama / adat istiadat maka pihak sekolah mengeluarkan siswa tersebut / mengembalikan kepada orang tuanya.

NB : Peraturan / Tata Tertib ini berlaku bagi siswa SMA Negeri 1 Kabanjahe.

Halaman Lainnya
Profil

Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kabanjahe NPSN : 10201985 Alamat : Jl. Jamin Ginting No. 31 Kabanjahe Akreditasi : A

13/08/2020 13:12 - Oleh Administrator - Dilihat 135 kali
Visi dan Misi

Visi Mewujudkan Peserta Didik yang Memiliki Karakter, Prestasi, Bermartabat, Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Misi Meningkatkan budi pekerti dengan penguatan pendidikan karakt

13/08/2020 13:12 - Oleh Administrator - Dilihat 50 kali